Sabtu, 24 Maret 2012

Mobil yang bisa menyelam


Rinspeed Squba

Tuner asal Swiss Rinspeed memang terkenal akan karyanya yang nyeleneh. Salah satunya mobil berjuluk Squba. Kemampuannya tak main-main, yakni bisa menyelam di dalam air dengan kedalaman hingga 10 meter. Wow!
 
Hebatnya Squba tetap berjalan mulus tanpa masalah. Terlihat mobil menyelam dan kemudian muncul lagi ke permukaan untuk melaju ke jalan bebas. Pengoperasian mobil pun terbilang mudah, karena untuk fungsi menyelam hanya membutuhkan sentuhan satu tombol saja.
 
Mobil dengan teknologi modern ini mampu menyelam padahal di desain tanpa atap. Artinya, saat menyelam panel kabin juga bakal terendam air, termasuk penumpangnya. Tapi tenang, semua panel kabin telah didesain anti air, sehingga tak akan bermasalah.

Agar konsumsi bahan bakar makin hemat, bobot Squba dibuat ringan meski sebagian kerangkanya terbuat dari baja. Hal ini berkat banyak komponennya terbuat dari bahan serat karbon.
Squba sendiri memiliki sumber tenaga listrik yang didukung oleh tiga unit motor listrik. Sebagai pelengkap, ada dua piranti Seabob Jet yang ada di depan. 

Perangkat itu digunakan untuk respirasi udara mobil di dalam air dengan cara memanfaatkan putaran katup HS Genoin yang fungsinya untuk menutup keluar masuknya air. Jet ini juga di rancang khusus dengan material karbon nano.

Rinspeed mengaku Squba terinspirasi mobil selam Lotus Esprit yang ada di film James Bond “The Spy Who Loved Me” yang dirilis tahun 1977. Untuk itu, mereka juga mengambil basis desain Lotus, namun dari tipe Elise. So,tampang Squba pun tak kalah bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar